Senin, 18 Juli 2016, Pondok Pesantren Al Fithrah kembali mengadakan Wisuda untuk tahun ajaran 2015-2016. Acara yang dua tahun ini di gelar di awal tahun, sebagai bentuk penghargaan bagi para santri tingkat terakhir dan lulus ditahun ajaran 2015-2016 di jenjang Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Ma’had Aly. Total santri yang diwisuda sebanyak 545, terdiri dari 369 santri MTs, 145 santri MA dan 31 santri Ma’had Aly.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB, dimulai dengan undangan para MC – yang terdiri dari 3 bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia) – pada para tetamu, baik wali santri maupun segenap asatidz dan juga undangan khusus yang masih berada di luar untuk menempati tempat yang telah disediakan panitia. Selanjutnya iringan wisudawan dan wisudawati yang dipandu oleh pembawa bendera masuk dengan perasaan yang sangat bahagia ke dalam ruang wisuda.

Habib Abdullah bin Umar al Hadar, yang hadir sejak jam 06:45 WIB di lokasi, diaturi untuk membacakan tawasul sebagai tanda rangkaian acara wisuda dimulai. Dilanjutkan Ust. Hadhori membacakan Istighotsah. Hadir pula di lokasi, Habib Ahmad bin Zain al Kaff, Habib Musthofa al Jufri, Habib Abdurrahman bin Aqil, H. Ridloun Natsir, dan juga salah satu Putri Hadrotusy Syaikh – Nyai Hj. Saviera es Salafiyah al Ishaqy – yang berkenan mengikuti prosesi wisuda hingga rampung.

Drs. Shofwan Hasan, M.Ag, mewakili kepala pondok pesantren Assalafi Al Fithrah menyampaikan beberapa informasi terkait kepondokan, dan juga beliau memberikan pesan kepeda segenap wisudawan-wisudawati agar tetap menjaga nama baik almamater, dan menjalankan wadhifah jika nanti mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan di luar Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah.

Acara inti, prosesi wisuda berlangsung dengan khidmat, dimulai dari MTs, pemindahan tali toga oleh Ust. Agus Saputra S.Ud, M.Pd.I, dan penyerahan ijazah oleh Ust. Nashiruddin S.Ud. Dilanjutkan dari MA, pemindahan tali toga oleh Ust. Ahmad Jami’an S.Ud, dan penyerahan ijazah oleh Ust. Muhammah Yasin, S.Pd. Ditutup dari Ma’had ‘Aly, pemindahan tali toga oleh Ust. Ahmad Syathori, M.Fil.I, dan penyerahan ijazah oleh Ust. Fathur Rozi, M.H.I.

Pada kesempatan ini diumumkan pula lulusan terbaik tiap jenjang. Khusus untuk MTs ada dua lulusan terbaik, putra Lukman Hakim asal Sumenep, dan putri Nurul Hidayati asal Surabaya. Lulusan terbaik MA, diraih oleh Kholishotul Fithriyah asal Pekalongan. Lulusan terbaik Ma’had ‘Aly diraih oleh Akrom Sa’id asal Pemalang. Kepada semua lulusan terbaik itu panitia menganugrahi trophy yang diserahkan langsung oleh Habib Musthofa al Jufri.

Penutup do’a disampaikan oleh Habib Abdurrahman bin Aqil, menandai acara wisuda ini rampung.

Selamat dan sukses atas diwisudanya santri MTs, MA dan Ma’had ‘Aly, semoga ilmu yang didapat bermanfa’at, menjadi generasi sholih dan sholihah, dan melanjutkan syi’ar Hadrotusy Syaikh di manapun berada. Amin.

Komentar Facebook

comments

LEAVE A REPLY