KHATAMAN AL QUR’AN & IMTIHAN SANTRI “METODE UMMI”

0
64

Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustho Al Fithrah mengadakan Khataman Al Qur’an & Imtihan Santri “Metode Ummi” yang diikuti oleh 17 santri putra dan 40 santri putri yang sudah dinyatakan lulus oleh tim penguji. Acara yang diselenggarakan pada sabtu pagi tanggal 7 April 2018 ini dihadiri oleh Pengurus Ummi Surabaya, Kepala Pondok, Wali Santri dari Peserta Khataman, serta Asatidz dan Asatidzah PDF Wustha

Acara diawali dengan pembacaan istighotsah dan sholawat fi hubbi, baru kemudian prosesi khataman Al Qur’an oleh para santri yang disaksikan penuh haru oleh para hadirin. Sebelum prosesi khataman dimulai para peserta khataman dipersilahkan mendatangi orang tua mereka untuk meminta do’a restu. Beberapa dari santri terlihat memeluk erat orang tuanya, keduanya pun melebur dalam suasana haru. Dan santri yang orang tuanya berhalangan hadir dipersilahkan mendatangi ustadz atau ustdzahnya sebgai wakil orang tua mereka, tentu ada perasaan yang berbeda, ketika melihat peserta yang lain didampingi oleh orang tuanya. terlihat beberapa ustadzah tak bisa menyembunyikan air matanya karena terbawa suasana tersebut.

Santri diuji langsung di hadapan wali santri oleh Pengurus UMMI Surabaya

Selanjutnya prosesi Imtihan, dimana Peserta Khataman diuji kemampuannya oleh Pengurus Ummi Surabaya disaksikan oleh Semua yang hadir. Selain itu penguji juga mempersilahkan wali santri untuk memberikan pertanyaan seputar hukum- hukum tajwid, dan bacaan ghorib dalam Al Qur’an.

Acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat secara simbolis, kemudian sambutan-sambutan. Pada kesempatan ini juga diberikan hadiah untuk tiga peserta terbaik.

Acara ditutup dengan do’a, dengan harapan semoga di tahun mendatang, semakin banyak santri yang bisa mengikuti khataman Al Qur’an dan Imtihan Santri “Metode Ummi”.

Penulis : Misbahuddin

Foto    : Osis PDF Wustho Al Fithrah

Komentar Facebook

comments

LEAVE A REPLY