Peluncuruan Bank Wakaf Mikro, AL FITHRAH WAVA MANDIRI

0
76

9 Maret 2018, Al Fithrah kedatangan RI 1, Ir. Joko Widodo, dalam rangka Peluncuruan Bank Wakaf Mikro, Al Fithrah Wava Mandiri. Tiba di Al Fithrah beberapa menit sebelum adzan Maghrib, Presiden dan rombongan langsung menuju masjid untuk menunaikan sholat maghrib berjama’ah, yang diimami langsung oleh KH. M. Husni Mubarak (menantu KH. Achmad Asrori al Ishaqy). Sebelum memulai acara, beliau beserta keluarga ndalem (Agus H. M. Ain El Yaqin al Ishaqy – Mas Faik-, Agus  H. Nur El Yaqin Al Ishaqy – Mas Niko -) menyempatkan diri untuk berziarah ke maqbarah KH. Achmad Asrory al Ishaqy.

Bank Wakaf Mikro sendiri merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang didirikan oleh Otoritas Jasa Keuangan yang bertujuan untuk memberikan pembiayaan kepada masyarakat di tingkat mikro mulai dari Rp1 juta.

Sebelum mendapatkan pembiayaan tersebut, masyarakat yang mengajukan dana ke Bank Wakaf Mikro akan diberikan pelatihan terlebih dahulu.

Presiden menuturkan, pendirian bank waqaf mikro di lingkungan pesantren ini bertujuan agar para santri dapat belajar mengelola perbankan. Mengingat para santri nanti akan pulang ke rumah, tentunya sangat penting membekali santri seputar ekonomi. Harapan besarnya para santri akan turut mengembangkan bank ini menjadi semakin besar.

Pedanaan Bank Wakaf Mikro berbeda dengan bank konvensional. Bank Wakaf Mikro tidak menghimpun dana dari masyarakat namun sumber dana berasal dari para donatur.

Hujan yang turun sedikit mengganggu jadwal yang sudah dibuat. Setelah bagi-bagi sepeda, sebenarnya ada acara pemberian cinderamata (karya KH. Achmad Asrory al Ishaqy ra.) dari keluarga ndalem, hanya karena hujan semakin deras maka acara langsung ditutup dengan do’a yang dibaca oleh Ust. H. Zainul Arif.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Mewakili Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, keluarga Ndalem, Kepala Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Ust. H. M. Musyafa’, Ketua STAI Al Fithrah Jusuf Syamsudin, dan Ketua Yayasan Al Khidmah Indonesia H. Moh. Ikhsan. (We_PAF)

*Foto: Harris Komed

Komentar Facebook

comments

LEAVE A REPLY