SHOLAT GERHANA BULAN

0
64

Gerhana bulan, sebuah fenomena alam yang tersebut dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Dalam hadits tersebut Nabi menyerukan untuk melaksanakan dua roka’at, yang masing-masing roka’at terdiri dari dua ruku’. Menyambut fenomena alam yang datangnya periodik ini, di malam perganian bulan dari Januari menuju Februari, umat islam di Indonesia, di bawah komando ormas-ormas islam, juga melaksanakannya.

Tak ketinggalan para santri di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, yang sudah kesekalian kalinya mempraktikkan amaliah yang disunahkan oleh Nabi. Mengingat sholat gerhana ini juga sdah dipelajari oleh sebagian santri di tingkat wustho ke atas, sehingga santri tidak hanya faham teori saja, tapi juga bisa mempraktikkan apa yang sudah dipelajari selama di kelas.

Sholat dimulai setelah rutinitas jama’ah sholat isya’. Ust. M. Khudhori, S.Ud, M.Th.I, ditunjuk untuk menjadi imam, sementara khutbah dibacakan oleh Ust. Ilyas Rahman, S.Ud. Tidak hanya para santri mukim yang ikut dalam sholat gerhana malam itu, sebagian santri MDT Al Fithrah dan TPQ, warag sekitar pondok, dan panitian Haul Akbar Al Fithrah 2018 – yang kebetulan malam itu juga melakukan rapat persiapan Haul Akbar Al Fithrah 2018 -.

Sholat berlangsung dengan khusyu’, menemani bulan yang sejenak lenyap dalam proses gerhana.

Komentar Facebook

comments

LEAVE A REPLY